Selasa, 08 November 2011

Bisnis Online Succes (BOS): Kunci Sukses Bisnis Online

Banyak sekali para netter yang terbius akan kesuksesan dalam menjalani bisnis online, namun hanya sedikit yang benar-benar dapat berhasil menjalankannya.

Hal ini, tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena bagaimanapun usaha dan kerja keras adalah kata kunci yang harus diterjemahkan dalam praktek yang nyata, bukan sekedar teori dan sebatas konsep.

Bisnis online yang dewasa ini menjadi lahan baru untuk mencari penghasilan tambahan (bahkan dijadikan penghasilan tetap) menurut didi telah melahirkan banyak pelaku internet marketing di Indonesia. Sudah cukup banyak yang berhasil, namun lebih banyak pula yang menemui jalan buntu dan dapat dikategorikan gagal.

Guna mencari pemahaman yang tepat tentang bagaimana sih agar sukses dalam dunia bisnis online ?

Didi sering browsing dan membaca banyak artikel-artikel yang menggambarkan hal itu.

Well , it’s so complicated !

Ada beragam teori, tips, trik dan bermacam-macam cara yang terkadang membuat Didi malah pesimis. Ternyata masih sangat luas dunia internet marketing yang harus kita pahami.

Namun menurut analisa Didi, ada beberapa komponen yang WAJIB kita pahami dan penuhi untuk benar-benar ingin sukses dalam dunia bisnis online.

Setidaknya beberapa poin ini yang dapatl Didi simpulkan :

1. Keyakinan akan sukses

Bisnis online memang menggiurkan, dan itu adalah kenyataan. Poin terpenting ini Didi dapatkan saat membaca artikel seorang internet marketer yang sukses mendapatkan ribuan $$ per bulan hanya dari menjadi publisher Google Adsense.

Yang menarik, dalam testimoninya ia hanya berkata ;

” Maaf, saya serius dalam menjalani hal ini. Karena bagi saya Google Adsense sangat potensial untuk menambah penghasilan saya. Sejak awal saya telah yakin bahwa ini adalah lahan yang potensial bagi saya, dan saya terus belajar dan telah membuktikan keyakinan saya itu.”

Dari penyataan atas kata “yakin” itulah, didi simpulkan bahwa NIAT adalah hal terpenting ketika mengenal dunia bisnis online. Dengan keyakinan yang kuat, tentu saja apa yang menjadi minat kita dapat lebih tereksploitasi lebih maksimal.

Didi sempat tergugah, mengapa masih gagal ? ternyata memang benar, kalau kita belum yakin akan apa yang akan kita kerjakan tidak akan dapat menghasilkan hasil yang terbaik.

So, sudah seberapa yakinkah anda dapat sukses dalam menjalankan bisnis online ?

2. Usaha dan Kerja Keras.

Ternyata yakin saja tidaklah cukup. Yakin dan ambisi tanpa usaha dan kerja keras adalah NOL besar.

Bagaimana akan mendapatkan penghasilan, bila kita sendiri tidak bekerja dan berupaya untuk itu. Kesuksesan itu tidak datang begitu saja dari langit.

Bisnis online tidak hanya tentang program-program penghasil dollar seperti afiliasi marketing, paid review, reseller, jualan ebook, jual produk dan lain-lain. Masih banyak komponen dalam internet marketing yang masih dapat kita gali, sesuaikan dengan diri kita dan kembangkan.

Yang terpenting dalam poin ini adalah usaha kita untuk belajar dan terus belajar. Memperbanyak wawasan untuk mengenali kesesuaian minat/bakat kita dengan berbagai program yang dapat kita jalani.

Salah besar kita beranggapan hanya dalam waktu singkat dapat mendatangkan penghasilan $$ yang banyak. Semua butuh waktu, proses, modal dan kerja keras. Menurut Didi, tak layak bila kita menerapkan prinsip ekonomi ( modal sekecil-kecilnya untuk keuntungan yang sebesar-besarnya) bila kita ingin sukses dalam dunia bisnis online. Investasi juga diperlukan untuk menopang usaha dan kerja keras kita.

3. Fokus dan Komitmen.

Mengerti dan memahami seluk beluk bisnis online tidak serta merta membuat orang itu sukses. Dibutuhkan fokus dan komitmen yang tinggi dalam melakukan berbagai upaya. Usaha dan Kerja keras yang dilakukan bila tidak fokus akan membuat banyak pelaku bisnis online merasa gagal. Padahal mereka belumlah gagal.

Fokus pada bidang yang kita dalami akan melahirkan komitmen yang tinggi. Sehingga begitu banyak kendala akan dapat dihadapi dan diatasi. Fokus pada suatu bidang tertentu juga akan membantu seorang internet marketer memperkecil hambatan, gangguan dan tantangan yang bakal dijumpainya.

Begitu banyak testimony para internet marketer mengutarakan hal ini : FOKUS .. FOKUS dan FOKUS.

4. Praktek yang berkesinambungan.

Tidak ada yang akan menjamin bila anda akan mendapatkan penghasilan yang sama setiap bulannya dalam bisnis online. Bisa saja bulan ini lebih besar dari bulan lalu, atau malah sebaliknya.

Begitu halnya dalam menjalankan praktek bisnis online, praktek yang berkesinambungan merupakan poin esensial untuk memperluas peluang kesuksesan anda.

Seperti sebuah website atau blog yang menjadi lahan bisnis online anda. Update informasi dan konten yang bermanfaat akan senantiasa menjaga traffic pengunjung dan bahkan dapat memperbesar jumlah pengunjung di masa yang akan datang. Pengunjung yang besar, tentu saja akan memperbesar peluang untuk meraih $$ tambahan bagi anda.

Hufft, beberapa poin inilah yang membuat didi harus berpikir ulang bahwa bisnis online adalah hal mudah.

Siapa bilang mudah menjalankan bisnis online ? Didi pikir para pembaca juga akan setuju pada pendapat tersebut.

Sejak awal, perkembangan bisnis online selalu berubah setiap saat. Perkembangan pesat internet marketing di dunia menjadi lahan bisnis online yang masih sangat potensial untuk dimanfaatkan.

Mudah-mudahan sedikit sharing ini dapat membuka wawasan cakrawala kita. Setidaknya bila ada pendapat rekan-rekan untuk mengoreksi atau menambahkan tulisan ini. Silahkan memberi komentar atas artikel ini.

Terima kasih banyak telah berkunjung ke blog personal Didi.

Happy Blogging … ! Source: www.dukonbesar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar