Rabu, 26 Desember 2012

Mahasiswa Berbisnis? Kenapa Tidak!

Bisnis sampingan bagi mahasiswa sangat berguna bukan hanya untuk mendapatkan penghasilan tambahan tetapi juga untuk menambah pengalaman wirausaha. Dengan melakukan bisnis maka mahasiswa akan terjun langsung ke dunia usaha secara nyata sehingga dapat mempraktekan ilmu yang didapat dari perkuliahan.

Namun timbul pertanyaan, jenis bisnis apa yang cocok untuk dijalankan mahasiswa? Jawabannya pasti berbeda-beda tergantung situasi, kondisi, dan kemampuan mahasiswa itu sendiri. Yang jelas ada beberapa kriteria bisnis yang dapat dijalankan dengan mudah dengan meminimalisir resiko kerugian bahkan kebangkrutan usaha. Kriteria tersebut diantaranya :

Sesuaikan dengan backgroud pendidikan.
Memang pada kenyataannya, kita bisa melihat banyak orang yang sukses berbisnis yang bertolak belakang dengan pendidikannya. Misalnya mahasiswa jurusan teknik tetapi sukses dengan usaha kuliner.

Namun mereka melalui perjalanan bisnis itu dengan susah payah dengan mencari ilmu seputar bisnisnya. Sebaliknya jika Anda menjalankan bisnis yang sesuai dengan apa yang Anda pelajari di kampus, maka Anda dapat mempersingkat proses pembelajaran tersebut dan Anda dapat melaluinya dengan mudah karena memang Anda punya pengetahuan tentang apa yang Anda geluti.

Mulailah kerjasama dari pertemanan
Seorang sahabat kadang lebih dekat dari seorang saudara kandung, mungkin hal ini terjadi disebabkan adanya kesamaan teman dengan Anda pada faktor umur, latar belakang, keinginan, dan pengetahuan. Anda dapat memanfaatkannya demi kelancaran bisnis yang akan Anda geluti. Bekerjasamalah dengan dua atau tiga orang teman Anda, dan mulai merumuskan apa yang akan Anda kerjakan untuk menghasilkan usaha kecil yang menguntungkan.

Masuki ceruk pasar yang baru
Ada beberapa ceruk pasar yang tidak terjamah oleh perusahaan besar. Dan itu adalah peluang emas yang dapat Anda masuki dengan mudah. Sebagai contoh perusahaan besar telah membuat Helm pengendara motor dengan berbagai jenis model.

Kalau Anda berusaha membuat pabrik serupa maka Anda akan kehabisan energi untuk berkopetensi dengan pabrik besar. Kenapa Anda tidak mencoba untuk membuka jasa lukis helm? Helm yang tampilannya biasa-biasa, Anda cat atau lukis ulang menjadi helm unik. Sehingga orang yang menginginkan helm dengan tampilan unik dan trendy dapat memesannya kepada Anda. Uangpun mengalir dengan deras ke saku Anda, tanpa ada perlawanan berarti dari pabrik besar pembuatan helm.

Jangan menyerah
Semua impian itu indah, tetapi ketika dijalani ternyata banyak hambatan menghadang dan impianpun mulai memudar. Jangan menyerah, karena harapan itu selalu ada. Orang yang sukses bukannya orang yang tak pernah gagal, tapi orang yang bangkit kembali setelah kegagaglan. Jika Anda jatuh 100 kali maka bangunlah yang ke 101 kali maka kesuksesan terwujud dalam kehidupan Anda. Siapkan mental baja untuk memulai bisnis sampingan, dan jangan menyerah sebelum impian tercapai. Semoga sukses.

(felly@oktomagazine.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar